Pengobatan Alami untuk Rambut Rontok

Rambut rontok adalah proses pembaharuan rambut normal dan terjadi pada waktu yang berbeda, baik saat dicuci, disisir, dll. Umumnya, kehilangan 50 sampai 100 rambut sehari adalah wajar. Ini adalah siklus yang terus-menerus terjadi. Setiap serat rambut memiliki siklus hidup (siklus rambut) dan terdiri dari tahap-tahap berikut : anagen (pertumbuhan), catagen (transisi) dan telogen (gugur).

Masalah muncul ketika siklus mulai terganggu dan terjadi sangat berlebihan, atau biasa dikenal sebagai alopecia. Kemudian, pertanyaan berikut muncul : Mengapa rambut rontok berlebihan?

solusi pengobatan alami rambut rontok

Menurut beberapa penelitian, keadaan ini disebabkan oleh beberapa faktor dapat termasuk karena gizi buruk, faktor keturunan, stres, obat-obatan, penyakit, perawatan medis tertentu, perubahan hormonal ataupun perawatan kimia salon rambut. Namun, pada beberapa kasus, kerontokan rambut dapat dikontrol apabila dilakukan pengobatan pada saat awal terjadi kerontokan, tentunya dengan cara mengetahui apa penyebab dari kerontokan rambut yang berlebih.

Pengobatan alami untuk rambut rontok

  1. Daun sage dan rosemary digunakan dalam dunia kosmetik alami untuk mencegah rambut rontok. Untuk melakukan ini, Anda harus merebus dua sendok makan daun rosemary yang sudah ditumbuk dan diambil airnya. Kemudian satu sendok makan sage (tumbuk, ambil airnya) dalam satu liter air selama 10 menit. Lalu angkat dan tiriskan. Cairan yang dihasilkan digunakan untuk mencuci rambut.
  2. Selanjutnya, untuk mencegah rambut rontok dan mencegah tumbuhnya uban secara cepat yaitu dengan menggunakan buah malaka . Untuk ini perlu untuk memotong buah menjadi potongan-potongan kecil, lalu keringkan di tempat teduh dan kemudian direbus dengan minyak kelapa sampai berwarna gelap. Kemudian pijat rambut setiap hari dengan minyak ini.
  3. Komitmen membilas cuka sari apel dan teh sage. Hal ini sangat efektif terhadap kerontokan rambut. Untuk melakukannya, yaitu campuran secangkir teh dengan cuka sari apel (tiga sendok makan), lalu terapkan pada rambut. Biarkan selama 15 menit dan cuci seperti biasa hingga bersih.
  4. Teteskan enam tetes minyak wijen pada kedelai yang sudah ditumbuk, lalu gunakan untuk memijat akar rambut. Diamkan selama 20 menit sebelum dicuci.
  5. Ambil lidah buaya untuk mencapai keseimbangan PH yang ideal dan mengurangi rambut rontok. Untuk melakukan ini, Anda harus mencampur gel lidah buaya dengan gandum dan santan, lalu menerapkannya pada rambut. Ha ini diperlukan untuk mencapai stimulasi pertumbuhan rambut yang cepat.

Rekomendasi (cara mencegah rambut rontok)

cara mencegah rambut rontok

  • Jangan menggosok kulit kepala Anda ketika Anda mencuci rambut Anda, karena akan melonggarkan folikel rambut saat basah.
  • Jangan menarik rambut saat menyisir dalam keadaan basah karena Anda dapat menyebabkan gampang rontok. Gunakan sisir dengan gigi yang lebar.
  • Jangan terlalu sering menyisir rambut, karena hal ini dapat mengiritasi kulit kepala dan terjadinya rambut rontok.
  • Gunakan penutup rambut seperti topi untuk menghindari paparan sinar matahari yang langsung ke rambut.
  • Hindari panas Jika rambut Anda rapuh (penggunaan pengering atau curling iron). Alat-alat ini hanya akan melemahkan rambut. Biarkan kering secara alami dan menggunakan krim styling.
  • Meminimalkan menggunakan cat rambut, karena dapat menyebabkan rambut cepat kering dan gampang rontok.
  • Rambut yang sehat diambil dari unsur-unsur kesehatan tubuh, untuk itu jika tubuh Anda kekurangan gizi, maka rambut Anda juga akan lebih cepat rontok dan kusam. Untuk menghindari hal ini, meningkatkan konsumsi air dan buah-buahan dalam diet harian Anda adalah hal yang sangat efektif dan cocok.

One Response

  1. dylan Agustus 17, 2016

Add Comment