Obat Sakit Tenggorokan di Apotek

Obat sakit tenggorokan ada beberapa jenis mulai dari obat herbal alami atau tradisional, obat apotek dan obat yang dijual bebas di warung-warung. Jika kamu memilih untuk pergi ke apotek artikel kali ini wajib Anda baca, karena akan kami bahas tentang resep obat sakit tenggorokan di apotek.

Baca juga: makanan penyembuh radang tenggorokan

sakit tenggorokan

Obat sakit tenggorokan di apotek bebas tanpa resep:

Berikut adalah beberapa obat di apotek yang dapat menyembuhkan sakit atau radang tenggorokan tanpa harus dengan resep dokter.

1. Degirol diproduksi oleh Darya Varia

Degirol merupakan permen hisap yang mengandung senyawa aktif dequalinium chloride, yaitu zat anti bakteri dan anti jamur yang ampuh dalam membinasakan berbagai macam bakteri gram positif dan gram negatif, Bor-relia vincenti, Candida albicans, dan bakteri yang resisten terhadap antibiotik. Deginol mempunyai aroma rasa lemon.

Deginol cukup dihisap seperti permen setiap 3-4 jam sekali karena rasanya memang manis. Biarkan tablet larut di mulut secara perlahan-lahan, jangan di gigit. Konsumsi deginol jangan sampai melebihi 8 tablet perharinya. Pemakaian jangka panjang dan berulang-ulang juga harus dihindari. Harganya terjangkau, kamu bisa cek sendiri di apotek.

2. Strepsils diproduksi oleh Reckitt Benckiser Healthcare Manufacturing

Obat yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga, karena memang sering menghiasi layar televisi saat jeda iklan. Strepsils mengandung 2,4-diklorobenzyl alcohol (dibenal) dan amylmetakresol. Tersedia dalam 3 varian rasa yaitu regular (merah), cool (biru), dan honey & lemon (kuning). Penggunaan strepsils seperti permen, biarkan satu butir strepsils larut perlahan-lahan. Strepsils juga bisa digunakan pada anak-anak namun harus dalam pengawasan karena bisa menyebabkan tersedak. Satu empleng strepsils berisi 6 butir dan biasanya dijual sekitar 6,000 rupiah.

3. SP Troches diproduksi oleh Meiji

SP Troches mengandung senyawa aktif dequalinium chloride seperti pada deginol. Bedanya hanya pada varian rasa yaitu tersedia dalam 3 pilihan rasa: strawberry, melon, dan kopi. HSatu empleng ada 6 tablet yang dijual dengan harga muai 5 ribu.

4. Efisol Lozenges diproduksi oleh Novell

Obat sakit tenggorokan di apotek selanjutnya adalah efisol loz. Obat ini memiliki kandungan dequalinium chloride plus vitamin C untuk memperbaiki daya tahan tubuh. Cara mengkonsumsi Efisol Lozenges seperti penggunaan Degirol maupun SP Troches.

5. Lemocin diproduksi oleh Novartis

Lemocin merupakan obat sakit tenggorokan di apotek yang mengandung tyrothricin, cetridium bromide, dan lidocaine. Tyrothricin adalah campuran dari antibiotik polipeptida (gramisidin dan tirosidin) merupakan antibiotik topikal dengan aktivitas bakteriostatik terhadap mikroorganisme gram positif. Aktivitas antibakteri dari tyrothricin ini ditunjang oleh efek antiseptik cetridium bromide yang terdapat sifat surfaktan lemah sehingga dapat diperoleh suatu efek yang nyata. Lidocaine merupakan anestesi lokal golongan amida, mengubah permeabilitas membran sel terhadap ion natrium sehingga menghambat konduksi impuls syaraf.

Lidocaine disekresikan melalui air susu, oleh karena itu ibu yang sedang menyusui tidak disarankan menggunakan obat ini. Belum ada data klinis obat ini berefek terhadap janin, namun alangkah baiknya ibu hamil tidak menggunakan obat ini. Dosis untuk inflamasi ringan 2-3 jam sekali.

6. FG Troches diproduksi oleh Meiji

FG Troches mengandung fradiomycin dan gramicidin, suatu antibiotik topikal untuk bakteri staphylococcus dan streptococcus. Diklaim lebih manjur, obat ini menjadi pilihan bagi banyak pasien.

Meskipun senyawa aktifnya berupa antibiotik, namun jangan khawatir karena antibiotik ini sifatnya hanya topikal saja. Mekanisme kerjanya lokal, bukan sistemik. Biarkan kontak sesering mungkin antara obat dengan tempat yang terinfeksi dimana bakteri bersarang, itulah alasan kenapa obat ini berbentuk seperti permen yang efektif diemut di rongga mulut atau di bawah lidah.

Mungkin beberapa obat di atas tidak hanya dijual di apotek namum juga beberapa toko dan warunf terdkat. Sebelum mengkonsumsi obat tenggorokan di atas pastikan belum melewati tanggal kada luarsa yang biasa tertulis dikemasan obat. Demikian beberapa produk atau obat sakit tenggorokan di apotek yang ampuh dan aman dikonsumsi.

One Response

  1. Radang Tenggorokan Mei 21, 2016

Add Comment