5 Manfaat Saffron (Kuma-kuma) Untuk Kecantikan

Manfaat saffronApa itu saffron? Saffron kalau orang Indonesia menyebutnya kuma-kuma merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu dapur khas Timur Tengah dan India dalam pembuatan masakan kare, nasi kuning, paela dan masakan khas Timur Tengah lainnya. Saffron memiliki peran seperti kunyit yang berfungsi memberikan warna pada masakan denga aroma yang khas. Namun jika terlalu banyak masakan akan menjadi pahit.

Manfaat saffron bagi kecantikan

Saffron rempah rempah

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, saffron juga dapat digunakan untuk kosmetik alam untuk meningkatkan kecantikan. Safron dapat diaplikasikan menjadi krim, lotion, untuk mencuci muka, dll. Berikut adalah 6 manfaat saffron untuk kecantikan.

1. Menatasi jerawat

Saffron memiliki sifat anti-bakteri alami yang membantu dalam mengurangi jerawat dan noda pada wajah. Anda dapat membuat pasta dari daun kemangi dan kuma-kuma untuk diterapkan pada wajah, dan terapkan pada wajah secara rutin untuk mengurangi jerawat dan bintik-bintik pada wajah. Anda juga dapat menambahkan susu untuk memperoleh manfaat lebih.

2. Mengurangi lingkaran hitam

Rendam saffron pada panci berisi sedikit air selama semalam. Keesokan paginya, tambahkan beberapa minyak kelapa pada air tersebut. Lalu oleskan campuran tersebut di bawah mata dan lakukan pemijatan secara lembut. Lakukan ini secara teratur untuk memudar lingkaran hitam. Ketika Anda menerapkan campuran ini sebagai masker pada seluruh wajah Anda, hal ini membantu untuk mengangkat kulit mati dan meningkatkan sirkulasi darah.

3. Menyegarkan kulit

Campur kuma-kuma dan mawar dengan air, gunakan untuk membasuh wajah. Khasiat saffron menjadikan wajah Anda lebih lembab dan segar.

tumbuhan kuma-kuma saffron

4. Mengurangi rambut rontok

Saffron dapat dicampur dengan licorice (akar manis) dan susu untuk membentuk pasta yang dapat diterapkan pada kulit kepala. Aplikasi pada kulit kepala membantu untuk mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.

5. Mengurangi efek sinar matahari

Anda dapat mencampur bubuk cendana dengan safron dan susu untuk membuat pasta yang dapat diterapkan pada bagian-bagian tubuh Anda yang kecokelatan akibat paparan sinar matahari. Biarkan kering secara alami dan kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan ini secara teratur dan kulit yang rusak karena paparan sinar UV matahari tersebut dapat berkurang.

Kunyit dan saffron mempunyai khasiat yang sangat luar biasa. Bahkan saffron dapat ditaburkan pada bak mandi untuk merawat kulit menjadi lebih cantik dan sehat. Jika kamu mempunyai saffron Anda dapat mencobanya. Demikian artikel kesehatan tentang manfaat saffron untuk kesehatan.

Add Comment