8 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Salam – Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah. Salah satunya adalah daun salam yang banyak dimanfaatkan dalam berbagai masakan. Daun salam dikenal juga dengan Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel yang mana daun ini dihasilkan dari pohon salam.

Selain digunakan sebagai penyedap dalam masakan, daun rempah ini juga digunakan menjadi obat tradisional. Pada zaman dahulu sebelum ada pil dan kapsul seperti sekarang ini, memang banyak memanfaatkan dedaunan dan tumbuhan seadanya dalam mengobati penyakit. Termasuk daun sama yang secara tradisional digunakan sebagai obat sakit perut. Berdasarkan penelitian daun salam juga sangat baik dalam melawan kanker. Jadi sangat baik bagi kita mengkonsumsi daun salam. Berikut adalah 8 khasiat dan manfaat daun salam bagi kesehatan.

Manfaat Daun Salam

manfaat daun salam

1. Anti kanker

Kandungan daun salam berupa vitamin C, vitamin A, mangan, zat besi, kalsium, dan magnesium. Daun salam juga memiliki kandungan asam caffeic, eugenol, quercetin, dan catechin. Parthenolide merupakan zat fitonutrien yang terkandung pada daun salam. Zat tersebut dipercaya sangat efektif dalam melawan proliferasi sel-sel kanker serviks dengan cara menginduksi apoptosis, meminimalkan aktivitas pemicu tumor, dan menghambat perkembangan tumor yang berhubungan dengan angiogenesis.
Cara memperoleh manfaat daun salam untuk pencegahan kanker sangatlah mudah, Anda cukup memasukkan dua lembar daun salam pada saat memasak nasi dan setiap masakan atau membuat teh dari daun salam.

2. Baik bagi jantung

Beberapa senyawa penting seperti asam caffeic, fitonutrien, dan salisilat merupakan zat yang terkandung dalam daun salam dan sangat penting untuk kesehatan. Senyawa tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Orang yang mengkonsumsi daun salam, atau cukup memasukkan beberapa lembar daun salam pada masakan yang dikonsumsi memiliki resiko lebih rendah terserang kanker.

3. Mengatasi Radang

Manfaat daun salam selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah peradangan. Daun salam mengandung parthenolide yang berkhasiat sebagai agen anti inflamasi alami. Penyakit arthritis dan beberapa jenis peradangan lainnya dapat ditolong dengan daun salam. Selain itu, daun salam juga dapat mengatasi reumatik, mengobati luka, mengatasi gangguan kencing, dan membantu mengatasi gangguan saat haid pada wanita.
Untuk memperoleh manfaat daun salam tersebut, rebus 10 lembar daun salam dengan tiga gelas air. Tunggu hingga hanya menyisakan air setengahnya saja. Minum ramuan ini setiap hari secara teratur.

4. Menurunkan tekanan darah

Kandungan flavonoida dan zat tanin yang cukup banyak pada daun salam, sangat efektif untuk mengobati masalah hipertensi.
Untuk memperoleh manfaat daun salam untuk prngobatan tradisional, ambil 10 lembar daun salam. Rebus daun salam yang telah dicuci denga 3 gelas air. Tunggu hingga menyisakan kira-kira satu gelas saja. Minum ramuan ini sekali sehari secara teratur.

5. Mengobati Gangguan Pencernaan

Khasiat daun salam juga untuk mengatasi masalah pencernaan dan gangguan perut. Daun salam mengandung enzim yang dapat membantu mengatasi kerusakan protein dan memperbaiki sistem pencernaan. Sama halnya dengan beberapa ramuan daun salam di atas. Untuk mendapat khasiat daun salam, minum rebusan daun salam secara teratur.

6. Mengatasi Penyakit Diabetes

Daun salam memiliki sifat anti inflamasi, anti jamur, mengandung antioksidan dan anti bakteri. Sifat antioksidan yang dimiliki daun salam dapat membantu mengatasi penyakit diabetes. Antioksidan yang terkandung dalam daun salam membantu pasien diabetes dapat memproses hormon insulin lebih baik.

7. Mengobati asam urat

Daun salam juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Daun salam mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C yang dapat membantu kebutuhan pengobatan asam urat. Untuk mengobati asam urat, siapkan 5 lembar daun salam yang sudah dijemur kering. Cuci daun tersebut hingga bersih. Rebus daun salam dengan 5 gelas air dan biarkan sampai hanya tersisa 3 gelas. Anda dapat mengkonsumsi air dari rebusan daun salam tersebut saat masih hangat.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Menambahkan beberapa lembar daun salam pada masakan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Daun salam mengandung vitamin C dan memiliki sifat antioksidan alami yang efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam membuat ramuan tradisional daun salam dapat ditambah dengan perasa atau madu untuk memperoleh rasa yang lebih ramah di lidah. Demikian artikel kesehatan tentang khasiat dan manfaat daun salam untuk kesehatan, Salam Sehat!

Add Comment