Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Manfaat daun pepaya – Lezat dan bergizi tinggi tidak harus mengkonsumsi makanan yang mahal. Daun pepaya yang pada dasarnya pahit, dapat diolah menjadi masakan yang lezat. Daun pepaya yang masih muda merupakan daun yang bisa digunakan untuk konsumsi. Helaian daun pisang tersebut memiliki nilai gizi yang sangat tinggi.

Manfaat daun pepaya

manfaat-daun-pepaya-untuk

Banyak yang menyarankan pada ibu yang sedang menyusui sebaiknya perbanyal mengkonsumsi daun pepaya untuk meningkatkan produksi asi. Namun sebenarnya masih banyak manfaat daun pepaya lainnya terutama untuk kesehatan. Berikut adalah 6 manfaat daun pepaya bagi kesehatan.

1. Meningkatkan sistem pencernaan

Manfaat daun pepaya yang pertama sebagai sayuran yang mampu meningkatkan sistem pencernaan. Daun pepaya merupakan salah satu jenis dedaunan yang kaya akan kandungan karpain. Karpain inilah yang kemudian akan membunuh mikroorganisme pada sistem pencernaan yang dianggapnya sebagai parasit di dalam perut. Konsumsi daun pepaya menyehatkan pencernaan, buang air besar menjadi lancar bebas dari masalah diare maupun sembelit.

2. Mencegah demam berdarah

Sudah tak asing bagi kita mendengar khasiat daun pepaya untuk mencegah demam berdarah. Untuk mencegah dan melawan demam berdarah dapat dilakukan dengan meminum rebusan air daun pepaya. Untuk menghilangkan rasa yang tidak enak, dapat ditambahkan madu dan perasa lainnya. Minum air rebusan daun pepaya sangat efektif meminimalisir terserang demam berdarah.

3. Mengatasi nyeri saat haid

Bagi Anda wanita yang sedang haid dan ingin menghilangkan rasa nyeri secara mudah dan aman, cobalah ramuan tradisional daun kates. Campurkan 1 lembar daun pepaya mentah, asam jawa dan garam kemudian rebus sampai matang. Minum air ramuan tersebut.

4. Mencegah kanker

Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu atau lebih dikenal dalam bahasa latinnya white milky latex, yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana yang dirilis pada situs kesehatan Journal Society of Biology Getah pada pohon pepaya sudah otomatis didapatkan saat kita mengonsumsi daun pepaya, baik itu dimasak dengan cara apa pun pastilah daun pepapaya sangat ampuh sebagai anti kanker. Makanan yang murah meriahnya ini membuat Anda bebas dari ancaman penyakit berbahaya ini.

5. Mencegah dan mengobati diabetes

Manfaat daun pepaya selanjutnya dapat mengobati diabetes. Daun kates (nama lain daun pepaya) mengandung senyawa yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga keadaannya akan tetap stabil. Meski dapat mengontrol gula darah, namun anda juga harus mengimbanginya dengan cara tetap menjaga makanan yang anda konsumsi. Jadi, semua harus dapat berjalan secara beriringan.

6. Mengobati jerawat

Mungkin sekarang sudah sangat mudah menemukan obat dan kosmetik untuk mengatasi benjolan jerawat yang sangat menyebalkan ini. Namun Anda juga dapat mencoba menghilangkan jerawat dengan cara tradisional yang sebagaimana dilakukan oleh nenek moyang dengan menggunakan daun pepaya. Bagai mana cara mengatasi jerawat dengan daun pepaya?
Manfaat daun pepaya sebagai obat jerawat ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih. (sumber: hasbihtc.com)

Tumbuhan-tumbuhan yang Tuhan ciptakan di dunia ini memang sangat kaya manfaatnya termasuk daun pepaya ini. Daun pepaya memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan dengan cara mendapatkannya yang cukup mudah. Mulai sekarang Anda dapat menyukai konsumsi daun pepaya. Demikian artikel kesehatan tentang manfaat daun pepaya untuk kesehatan, Salam sehat!.

Add Comment