Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan

Manfaat daun bawang – Mengkonsumsi sayuran terutama sayuran hijau menjadi kebutuhan setiap orang, namun banyak orang yang kurang memperhatikannya. Makan buah dan sayuran merupakan cara terbaik menjaga tubuh tetap sehat bebas dan ancaman berbagai penyakit.

Tidaklah sulit untuk mengkonsumsi makanan sehat sayuran hijau. Anda dapat menemukan berbagai sayuran hijau disekitar termasuk daun bawang yang biasa menjadi bahan tambahan dalam beberapa masakan. Bawang hijau baik dikonsumsi secara rutin karena mengandung beberapa khasiat. Berikut adalah 7 manfaat daun bawang bagi kesehatan.

Manfaat daun bawang

manfaat-daun-bawang

1. Memperkuat tulang

12 gm tangkai daun bawang mengandung sekitar 20 mikrogram vitamin K dan 1,6 mg vitamin C! Kedua vitamin tersebut bagus untuk untuk pertumbuhan dan memelihara kesehatan tulang yang kuat. Konsumsi daun bawang secara teratur dapat mencegah osteoporosis dan meminimalkan resiko patah tulang pada wanita.

2. Mengontrol gula darah

Daun bawang hijau mengandung dua zat penting yaitu alil propil dan kromium. Kandungan alil propil mengurangi kadar glukosa dalam darah, sedangkan kromium mengatur gula darah dan membawa ke tingkat insulin. Oleh karena itu, manfaat daun bawang untuk mengontrol gula darah tidak diragukan lagi.

3. Menjaga kesehatan jantung

Daun bawang merupakan salah satu sayuran yang ramah untuk jantung. Chromium dengan adanya vitamin B6 dan sulfur membantu menjaga jantung Anda tetap sehat. Chromium tidak hanya mengurangi trigliserida dan kolesterol jahat tetapi mampu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, sehingga melindungi jantung Anda dari penyakit potensial. Kandungan kalium dalam daun bawang jiga membantu menurunkan tekanan darah. Ketika kolesterol dan tekanan darah terkontrol, risiko penyakit yang terkait dengan serangan jantung dan stroke dapat dihindari.

4. Mencegah kanker

Ketika Anda mengkonsumsi bawang hijau secara teratur, Anda juga menurunkan risiko beberapa jenis penyakit kanker. Hal ini karena adanya flavonoid dalam sayuran. Quercitin adalah flavonoid dalam bawang hijau yang mencegah perkembangan sel-sel kanker di usus besar, sehingga mengurangi kemungkinan kanker usus besar. Kaempferol pada bawang hijau menyajikan keuntungan besar bagi perempuan karena flavonoid ini menurunkan risiko yang terkait dengan kanker ovarium setidaknya hingga 40 persen.

5. Mengatasi peradangan

Masalah inflamasi atau peradangan dapat dikurangi dengan bantuan daun bawang. Daun bawang termasuk keluarga sayuran yang mencegah enzim yang menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Oleh karena itu, bawang hijau harus dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat anti-inflamasi dan anti-histamin.

6. Meningkatkan imunitas

Daun bawang hijau merupakan sumber yang kaya phytochemical yang merupakan zat kimia alami. Zat tersebut bekerja meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu menangkal radikal bebas yang menjadi ancaman bagi kesehatan. Konsumsi daun bawang mengurangi resiko kerusakan jaringan sel dan DNA.

7. Meningkatkan penglihatan

Manfaat daun bawang yang terakhir adalah membantu memenuhi kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan terutama oleh mata. Tidak adanya atau kurangnya vitamin A dapat membuat beberapa jenis gangguan penglihatan termasuk kebutaan malam. Satu tangkai daun bawang mengandung 24 mikrogram vitamin A yang mengubah menjadi retinol dan menjaga kesehatan mata Anda.

Daun bawang sangat mudah ditemukan dan mudah untuk dikonsumsi. Bahkan daun bawang sering menjadi sayur lalapan untuk tambahan beberapa makanan. Demikian artikel kesehatan tentang manfaat daun bawang bagi kesehatan yang diambil dari beberapa sumber terpercaya.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.