Manfaat Adas Sowa / Daun Dill Untuk Kesehatan

Manfaat adas – Apa itu daun dill? Dill adalah jenis tumbuhan berbunga dan tumbuhan semusim dari famili Apiaceae. Kalau di Indonesia dikenal dengan adas sowa atau adas manis. Adas sowa memiliki bentuk daun yang mirip dengan cemara, bunga berwarna kuning serta buah dengan bau yang menyengat, namun banyak digunakan untuk bumbu dapur. Aslinya adas sowa dari negara Timur Tengah dan Asia barat namun kini di Indonesia pun mudah ditemukan.

Adas sowa biasa digunakan sebagai penyedap dan penambah harum pada beberapa masakan, terutama masakan yang berbahan ikan karena untuk menghilangkan bau amis. Daun dill juga dipakai untuk sup dan acar agar aroma pada masakan tetap awet.

Manfaat adas sowa

daun-adas-sowa

Selain digunakan untuk keperluan masakan, daun dill ata adas sowa juga dimanfaatkan untuk beberapa keperluam pengobatan. Berikut adalah beberapa manfaat adas sowa untuk kesehatan.

1. Kaya antioksidan

Daun dill dikenal karena sifat anti-oksidatif dan dapat membantu dalam pencegahan penyakit dan promosi kesehatan.

2. Mengendalikan kadar kolesterol

Daun adas sowa memiliki kadar yang rendah akan kalori. Hal ini juga mengandung niasin, serat makanan dan piridoksin yang membantu mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Adas sowa bagus sebagai tambahan bumbu masakan di rumah.

3. Sumber minyak volatile

Tangkai adas sowa dan bijinya mengandung banyak minyak atsiri penting seperti d-carvone, dillapiol, DHC, eugenol, limonene, terpinene dan miristisin yang juga sangat baik untuk kesehatan Anda.

4. Mengandung minyak esensial seperti Eugenol

Eugenol, minyak esensial yang ditemukan pada adas sowa telah digunakan untuk tujuan terapeutik dan berfungsi sebagai-anestesi lokal dan anti-septik. Meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, Eugenol juga telah diklaim mampu menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes.

5. Minyak biji adas sowa memiliki sifat kuratif

Beberapa manfaat minyak biji adas sowa adalah anti-spasmodik, karminatif untuk pencernaan, disinfektan, dan sifat obat penenang. Hal ini juga dikenal untuk membantu dalam sekresi susu pada ibu muda yang baru menyusui.

6. Adas sowa sumber berbagai vitamin

Adas sowa mengandung asam folat, riboflavin, niasin, vitamin A, ß-karoten dan vitamin C yang sangat penting untuk metabolisme tubuh dan kesehatan. Vitamin ini juga membantu mencegah masalah paru-paru dan kanker rongga mulut. TKandungan vitamin pada adas sowa juga membantu membangun resistensi terhadap infeksi dan membantu tubuh melawan radikal bebas.

7. Sumber mineral

Daftar mineral yang ditemukan pada daun dill sangat banyak. Tembaga, kalium, kalsium, mangan, besi, dan magnesium adalah mineral yang ditemukan dalam Dill. Mineral yang ditemukan pada adas sowa seperti tembaga dan seng sangat membantu mengatur pertumbuhan dan perkembangan, generasi sperma, pencernaan dan juga sintesis pada asam nukleat. Kalium dan mangan juga memberikan pertolongan pada penderita penyakit jantung.

Demikian artikel kesehatan tentang khasiat dan manfaat adas sowa atau daun dill yang berhasil dihimpun oleh tim sehat99.com dari berbagai sumber.

Add Comment