Khasiat Temulawak Untuk kesehatan

Khasiat temulawak – Jamu tradisional dikenal sebagai obat herbal yang cukup terbukti mampu menyembuhkan penyakit tanpa efek samping. Maka tak heran banyak yang memilih obat tradisional karena yang aman bagi kesehatan. Untuk membuat obat tradisional juga tergolong murah dan mudah dilakukan sendiri di rumah.

Salah satu tumbuhan obat asli Indonesia yang mempunyai berbagai khasiat bagi kesehatan adalah temulawak. Bagian rimpang dari temulawak adalah yang banyak diolah menjadi jamu tradisional. Lalu apa saja khasiat temulawak untuk kesehatan? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Khasiat temulawak

khasiat temulawak bagi kesehatan

1. Menambah nafsu makan

Temulawak mengandung minyak bernama atsiri, minyak ini memberikan efek karminativum, sehingga mengkonsumsi temulawak dapat berguna untuk meningkatkan nafsu makan. Hal ini sangat dianjurkan bagi anak-anak yang sedang dalam masa-masa pertumbuhan.

2. Memperlancar ASI

Temulawak dikenal sebagai jamu herbal untuk memperlancar ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Jika Anda ingin membuat jamu di rumah, cukup ambil 20 gram rimpang temu lawak yang sudah dicuci. Lalu diparut dan diperas. Saringan perasan tersebut direbus hingga mendidih lalu didingankan dan tambahkan 2 sendok makan lalu diminum.

3. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Sekarang ada serbuk rimpang temulawak yang bisa didapat di kios dan toko jamu yang membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Temulawak membantu meningkatkan aktivitas cairan pada lambung dan membantu proses metabolisme pencernaan serta mengurangi kontraksi usus halus.

4. Mengurangi nyeri sendi

Khasiat temulawak selanjutnya adalah untuk mengobati radang sendi dan nyeri. Zat bernama kurkumin pada temulawak dikenal sebagai antiradang yang dapat mengatasi masalah tersebut.

5. Mencegah penggumpalan darah

Kurkumin pada temulawak juga membantu dalam menghambat pembentukan tromboskan B-2 yang merupakan senyawa yang berfungsi senagai penggumpal darah.

6. Menurunkan kolesterol

Temulawak banyak mengandung kurkuminoid yang mampu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Selin menurunkan kadar lemak darah, kurkuminoid juga meningkatkan kadar kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik.

7. Temulawak juga dipercaya sebagai jamu kewanitaan untuk mengurangi nyeri saat haid.

8. Temulawak mengandung banyak antioksidan yang mempu meningkatkan kesehatan dan menangkal berbagai penyakit dan serangan radikal bebas.

9. Temulawak juga dipercaya untuk menghilangkan jerawat.

10. Selain meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, temulawak juga dapat mengobati masalah mag.

Demikian 10 manfaat dan khasiat temulawak untuk kesehatan.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.