10 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Khasiat daun kelor – Mungkin kita sering mendengar istilah peribahasa dunia tak selebar daun kelor. Namun kita belum pernah melihat dan tahu apa itu daun kelor. KELOR atau merunggai (Moringa oleifera) merupakan sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Daun kelor memiliki bentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil yang tersusun majemuk pada satu tangkai. Tumbuhan ini dapat diolah menjadi masakan sayur dan juga dijadikan ramuan obat.

Khasiat daun kelor

daun kelor

Tumbuhan yang mempunyai tinggi 7 – 11 meter ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, tercatat lebih dari 300 penyakit dapat disembuhkan dengan daun kelor baik dengan daun maupun buahnya. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menobatkan daun kelor sebagai pohon ajaib yang telah membantu meningkatkan kesehatan yang murah selama 40 tahun lebih di beberapa negara termiskin di dunia. Berikut adalah khasiat daun kelor bagi kesehatan selengkapnya.

1. Anti Tumor
Kelor mengandung kalsium dan fosfor sehingga mempunyai kemampuan dalam pengobatan. Kandungan mineral dan vitamin sangat tinggi dibanding sayuran lainnya. Dari penelitian daun kelor mamppu menghambat aktifasi NFKB dan menurunkan ekspresi protein tumor. Daun kelor merupakan tumbuhan anti kanker.

2. Menghilangkan flek
Daun kelor dapat menghilangkan flek hitam pada wajah yang biasanya disebabkan bekas jerawat. Daun kelor mentah yang telah dicuci digiling hingga halus, lalu dijadikan bedak atau campuran bedak lalu diaplikasikan pada wajah yang terdapat flek / noda hitam / kokoloteun.

3. Menurunkan kolesterol jahat

Kolesterol jahat dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan. Tingginya kadar kolesterol dipicu pola makan yang kurang sehat dan ditambah faktor psikologis seperti stress. Konsumsi daun kelor membantu produksi hormon adrenalin dan kostisol dapat memicu produksi kolesterol dalam tubuh.

Untuk nomor 4 sampai 8 merupakan khasiat daun kelor yang utama dalam mengobati beberapa penyakit.

4. Mengobati kurap (herpes) dan luka bernanah
Caranya: Tumbuk daun kelor dengan kapur, lalu balurkan hasil tumbukan tadi pada luka atau kurap.

5. Mengobati sakit kuning
Caranya: 3-7 gagang daun kelor, 1 sendok makan madu dan 1 gelas air kelapa hijau. Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air kelapa dan disaring. Kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan diaduk sampai merata. Ramuan tersebut diminum secara rutin hingga sakit kuning sembuh.

6. Obat sakit mata
Caranya: Tiga gagang daun kelor. Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air dan diaduk sampai merata. Diamkan beberapa menit hingga ampasnya mengendap. Gigunakan air tersebut sebagai obat tetes mata.

7. Mengatasi susah buang air kecil
Caranya: Satu sendok sari daun kelor dan sari buah ketimun atau wortel yang telah diparut dalam jumlah yang sama. Campurkan bahan-bahan tersebut dan diseduh dengan 1 gelas air, kemudian disaring. Air tersebut diminum setiap hari.

8. Mengatasi biduren (alergi)
Caranya: 1-3 gagang daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas pulasari secukupnya. Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, lalu disaring. Air tersebut diminum dua kali dalam sehari pada pagi dan sore dengan posi 1 gelas untuk 1 hari.

9. Obat reumatik, Nyeri dan Pegal Linu
Caranya: 2-3 gagang daun kelor, 1/2 sendok makan kapur sirih. Kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus. Ramuan obat tersebut doaplikasikan dengan cara gosok (param).

10. Obat cacingan
Caranya: 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 1-2 batang meniran. Semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Minum air yang telah disaring tersebut.

Masih banyak lagi penyakit-penyakit lain yang dapat diobati dengan daun kelor. Demikian artikel kesehatan tentang khasiat daun kelor yang luar biasa.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.