Kenali Gejala Tipes Pada Anak Berikut Ini

Gejala tipes pada anak memiliki ciri-ciri yang hampir sama pada penyakit DBD (demam berdarah dengue). Oleh karena itu orang tua harus mampu mendetesi sejak dini agar sikecil bisa kembali beraktifitas seperta anak lain pada umunya. Pada artikel ini akan dibahas beberapa ciri-ciri dan gejala tipes (tifus) pada anak yang harus segera ditindak lanjuti orang tua dan bagaimana cara mengatasinya.

gejala tipes pada anak

Apa itu tipes?

Tipes atau demam tifoid atau yang disebut juga tifus (thypus) merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada saluran usus halus dan terkadang bakteri yang ada pada aliran darah. Bakteri tersebut disebut dengan Salmonella typhi. Penyakit ini banyak menyerang pada anak terkadang juga pada orang dewasa dan bisa membahayakan jika tidak ditangani dengan tepat dan secepanya.

Apakah tipes menular?

Dikutip dari alodokter.com, tipes dapat menular dengan cepat. Infeksi dan demam tifoid terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi sejumlah kecil tinja, atau yang lebih tidak umum, urin yang terinfeksi bakteri.

Kontak secara langsung dengan pasien tipes juga dapat tertular infeksi bakteri Salmonella typhi.

Gejala tipes pada anak

Infeksi bakteri Salmonella typhi menyebabkan munculnya gejala tipes yang biasanya muncul setelah 1-3 minggu. Berikut adalah beberapa gejala tipes pada anak yang harus Anda ketahui:

1. Demam tinggi merupakan gejala utama, panas suhu bisa mencapai 39oC sampai 40oC. Pada mulanya demam naik turun tidak stabil, namun pada minggu kedua dan ketiga terus naik dan semakin memburuk.

2. Anak mengeluhkan otot sakit dan sering merasa pegal-pegal.

3. Keluhan sakit kepala yang tidak tertahankan.

4. Tubuh lemas.

5. Sakit perut dan mual.

6. Diare (mencret), sedangkan orang dewasa justru mengalami kontipasi (susah bab).

7. Nafsu makan menurun.

8. Munculnya bntik merah kecil hingga ruam-ruam pada kulit sikecil.

9. Anak sering merasa kebingunan, ditandai dengan bertanya sedang ada dimana dan tidak tahu apa yang terjadi.

Tips mengatasi tipes pada anak

Tidak ada tips khusus dalam menangani tipes pada anak selain membawanya ke ahli kesehatan. Segeralah periksa ke dokter jika gejala-gejala tipes di atas muncul pada anak. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lanjutan untuk mendiagnosa dan memberikan pengobatan yang tepat.

Cara mencegah tipes pada anak

gambar imunisasi vaksinasi tifoid

Pencegahan tipes melalu imunisasi (vaksinasi) pada anak sangat dianjurkan oleh pemerintah Indonesia, namun belum menjadi kewajiban. Vaksinasi tifoid diberikan pada anak yang sudah menginjak 2 tahun dengan jangka setiap 3 bulan. Pada balita vaksinasi diberikan dengan imunisasi suntik dan oral pada anak yang sudah di atas 5 tahun.

Ingat dan selalu waspada dengan kesehatan anak, kenali ciri-ciri dan gejala tipes pada anak diatas.

Add Comment