Kadar Gula Darah Normal Pada Manusia

Kadar Gula Darah Normal – Glukosa atau gula darah sangat penting bagi tubuh. Namun posisi kadar gula darah harus berada pada titik aman, tidak boleh kurang atau berlebihan. Kelebihan kadar gula darah menyebabkan penyakit diabetes.

Penting untuk mengtahui berapa kadar gula darah normal dan tidak normalnya, terlebih kadar gula darah yang dimiliki tubuh diri kita sendiri. Penting untuk menjaga titik aman kadar gula darah agar jangan sampai jatuh pada penyakit diabetes melitus. Lalu, berapa kadar gula darah yang normal bagi kesehatan?

Eits, tunggu dulu karena perlu kamu ketahui tentang beberapa hal dasar tentang kadar gula darah dalam tubuh. Kadar gula adalah jumlah glukosa yang terdapat dalam aliran darah manusia yang dihitung dengan satuan mg/dL. kadar gula darah pada manusia diatur secara alami oleh tubuh dengan bantuan hormon insulin yang diproduksi oleh sel beta pankreas. Oleh karena itu kadar gula darah normal sangat penting untuk selalu dijaga.

Kadar Gula Darah Normal

alat tes kadar gula darah normal

Pengecekan gula darah dengan alat bantu tester

Kadar gula darah dapat berubah tergantung pada kapan saat kita mengukurnya yang sangat erat berhubungan dengan waktu makan dan banyaknya sesuatu yang kita makan. Oleh karena itu nilai kadar gula darah di bagi menjadi tiga yaitu nilai gula darah normal saat puasa, dua jam setelah makan dan gula darah sesaat. Berikut adalah kadar gula darah normal yang harus selalu kita jaga.

  • Gula Darah Puasa (GDP). Pengukuran kadar gula darah yang dilakukan saat tidak makan dan minum sesuatu yang mengandung gula selama delapan jam terakhir. Nilai normalnya adalah antara 70 dan 100 mg/dL.
  • Gula darah 2 jam setelah makan (GDPP). Pengukuran kadar gula darah yang dilakukan 2 jam setelah makan. Normalnya GDPP adalah 140 mg/dL.
  • Gula darah sesaat (GDS). Pengukuran kadar gula darah yang dilakukan kapanpun selain 2 waktu di atas. Nilai normal GDS adalah 70 – 200 mg/dL.

Saat ingin melakukan tes gula darah dengan alat bantu tester, sangat penting diperhatian untuk memperhatikan kualitas glukosa meter yang akan di beli. Beberapa faktor yang harus diperhatikan meliputi tingkat akurasi alat, kualitas strip tes, serta kemampuan alat dalam menyesuaikan pada kondisi hematokit atau jumlah sel darah merah dalam darah pasien.

Penting bagi kita untuk menjaga batas aman kadar gula darah normal agar tidak jatuh pada penyakit akibat kelebihan glukosa seperti diabetes, kencing manis, dlsb.

Add Comment