Cara Tradisional Mengobati Sariawan

Sariawan ialah keadaan dimana terjadi peradangan pada mukosa mulut. Hal ini biasanya terjadi karena tergigit secara tidak sengaja pada saat makan atau berbicara. Selain itu, sariawan juga dapat disebabkan karena kekurangan vitamin C, penyakit, system imun yang menurun, menyikat gigi yang terlalu keras, atau bisa juga karena memakan makanan yang terlalu panas.

Tanda dan gejala yang timbul saat sariawan yaitu adanya luka pada mukosa mulut, berbentuk bulat dan adanya bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan yang cekung, rasa nyeri atau perih pada saat makan sehingga memicu timbulnya bau mulut.

Sariawan tergolong penyakit yang ringan, namun sangat mempengaruhi selera makan karena adanya rasa perih. Sehingga dengan demikian, sariawan merupakan penyakit yang cukup mengganggu akifitas selain sakit gigi.

Untuk mencegah terjadinya sariawan yaitu usahakan untuk menjaga kebersihan mulut setiap saat, hindari makanan yang panas, berhati-hatilah saat menggosok gigi, dan juga usahakan memenuhi makanan sehat setiap hari agar sistem imun Anda baik.

Cara mengobati sariawan

cara tradisional mengobati-sariawan panas dalam

Beberapa bahan alami ini dapat dijadikan obat sariawan, antara lain :

  1. Madu

Madu dapat dipercaya untuk mengobati sariawan, caranya cukup mudah yaitu hanya mengoleskan pada sariawan secara teratur. Hal ini juga dapat mengurangi rasa perih yang diakibatkan karena sariawan.

  1. Minyak Kelapa

Kelapa memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan ataupun kecantikan. Salah satu manfaat kelapa yaitu untuk mengobati sariawan.  Caranya cukup simple, yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa pada luka sariawan, dan diamkan sekitar 5 menit. Atau bisa juga dengan cara mengkonsumsi air kelapa, gunanya untuk mengobati panas dalam yang terjadi karena penyakit sariawan.

  1. Garam

Sperti yang kita tahu, garam sangat banyak manfaatnya. Garam memiliki kandungan yodium yang berfungsi untuk antibiotic. Untuk itu, garam disini digunakan untuk mengobati sariawan. Caranya hanya dengan melarutkan satu gelas air hangat dengan satu sendok teh garam. Kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur-kumur.

  1. Bawang putih

Selain garam, bumbu dapur yang bermanfaat dalam kesehatan antara lain ialah bawang putih. Bawang putih mengandung antiseptik yang sangat cocok digunakan untuk mengobati sariawan. Caranya : kupas bawang putih, kemudian potong menjadi 2 bagian. Oleskan potongan bawang putih tersebut pada luka sariawan. Lakukan hal ini secara rutin 3 kali sehari.

Demikian cara tradisional mengobati sariawan dengan bahan alami herbal yang ada di sekitar kita.

No Responses

  1. Pingback: Cara Tradisional Mengobati Sariawan | Bawang Putih Hitam April 25, 2016

Add Comment