Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)

Cara mengatasi susah tidur – Insomnia atau susah tidur di malam hari merupakan salah permasalahan yang cukup unik. Pada umumnya orang normal sulit melek di malam hari, namun sebagian justru sebaliknya mau tidur malam tapi gak bisa merem-merem.

Susah tidur atau insomnia sangat menjengkelkan, terlebih pada siang harinya bikin mata mengantuk dan mengurangi konsentrasi di tempat kerja.

cara mengatasi susah tidur

Penyebab susah tidur

Susah tidur dalam waktu yang lama atau sering terbangun di malam hari bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti:

– Faktor kesehatan psikologi (termasuk stres)
– Kenyamanan kamar tidur
– Gaya hidup
– Efek samping obat-obatan

Cara mengatasi susah tidur

Ada beberapa tips dibawah ini akan membantu kamu sebagai cara mengatasi susah tidur di malam hari.

Tinggalkan gadget

Zaman sekarang gadget merupakan sesuatu yang tak mau lepas bagi kebanyakan orang. Saat sedang tidur sebaiknya tinggalkan handphone atau jika perlu matikan. Asik chating, bersosial media atau berselancar di internet menyebabkan rasa kantuk hilang dan mata gak mau merem hingga larut malam

Redupkan lampu

Kalau kamu tidak terbiasa dengan tidur di ruangan gelap sebaiknya sediakan lampu rudup khusus kamar tidur. Cahaya yang terang dapat mengakibatkan susah tidur dan mudah terbangun di tengah-tengah tidur malam. Cara mengatasi susah tidur dengan meredupkan lampu membuat suasana lebih tenang dan nyaman untuk beristirahat.

Hindari minum kopi

Kamu yang sedang mengalami susah tidur sebaiknya hindari minum kopi. Cafein pada biji kopi akan meningkatkan kerja jantung yang mana pada kondisi ini mempengaruhi mata yang akan sulit diajak tidur.

Minum susu hangat

Cara mengatasi susah tidur selanjutnya adalah dengan segelas susu hangat sebelum tidur. Susu coklat hangat membuat perut menjadi nyaman dan memudahkan kamu tidur pulas. Tidak percaya? Silakan cobain

Kurangi tidur siang

Kalau kamu sering mengalami susah tidur sebaiknya kurangi jam tidur siang. Jika biasanya tidur siang kebih dari 2 jam sebaiknya kurangai menjadi 1 jam.

Pilih kasur yang tepat

Tidak hanya kasur saja, dalam memilih bantal, sprei, selimut dan guling sebaiknya dari bahan yang sesuai. Terkadang bantal dan selimut sering membuat kepala dan kulit tidak nyaman. Dalam hal ini tak ada salahnya menginvestasikan sedikit uang kamu untuk kenyaman dan kesehatan.

Nah ada tambahan lagi yaitu jaga kebersihan dan hindari kamar tidur yang berantakan. Cara-cara diatas harus dicoba bagi kamu yang sering mengalami susah tidur. Demikian beberapa tips cara mengatasi susah tidur atau insomnia.

One Response

  1. www.pelangsingwscbiolo.net/ Januari 11, 2016

Add Comment