Apa Itu Fenugreek / klabet? Khasiat Fenugreek

Fenugreek adalah tumbuhan dari keluarga Fabaceae yang daunnya dan bijinya biasa dimanfaatkan sebagai obat herbal dan rempah. Fenugreek juga biasa disebut dengan kelabat, klabet dan juga methi. Biji henugreek merupakan salah satu rempah yang juga digunakan dalam pembuatan bumbu kari.

Khasiat fenugreek untuk kesehatan

Fenugreek

Fenugreek digunakan menjadi ramuan tradisional pada zaman Yunani kuno. Maka tak heran jika fenugreek sekarang mempunyai nilai jual yang bagus karena memang mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan. Fenugreek dapat mengatasi masalah pada menopause, bronkitis, asma, gangguan reproduksi, ketidakseimbangan hormon, pembesaran payudara dan nyeri haid. Berikut adalah 9 manfaat dan khasiat fenugreek bagi kesehatan:

1. Kaya nutrisi penting
Biji fenugreek dikemas dengan protein, vitamin C, niasin, kalium, diasgenin, alkaloid, lisin, L-triptofan serta steroid saponin. Hal inini luar biasa bagaimana benih sangat kecil dapat berisi banyak kesehatan yang terkandung di dalamnya, bukan?

2. Menngontrol kolesterol
2 ons biji fenugreek setiap hari membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrolnya menjadi kadar yang sehat. Hal ini pada gilirannya akan mengurangi risiko serangan jantung dan penyumbatan lebih dari 25%.

3. Mengobat masalah kulit
Obat berupa pasta fenugreek sangat efektif efektif untuk mengatasi ruam, bisul, luka bakar, eksim dan abses. Tumbuk (hancurkan) satu sendok makan biji fenugreek, campurkan bubuk dalam air hangat dan ratakan hingga berbentuk pasta. Celupkan kain bersih steril di dalamnya dan terapkan pada daerah kulit yang bermasalah.

4. Menurunkan kadar gula darah
Fenugreek sangat dianjurkan untuk penderita diabetes. Fenugreek dikenal efektif menurunkan kadar gula, pada pasien yang menderita diabetes tipe 2. Hanya 500 mg biji fenugreek direndam dua kali sehari pasti akan menurunkan kadar gula darah.

5. Membantu menyembuhkan demam tinggi
Tidak bisa menurunkan demam untuk waktu yang lama? Jangan kuatir. Ambil 1-2 sendok teh biji fenugreek, teh herbal apa saja, satu sendok teh madu dan beberapa tetes jus lemon. Minum campuran bahan-bahan tersebut karena sangat efektif mengatasi demam.

6. Memfasilitasi kelahiran pada ibu hamil
Fenugreek memberikan dorongan untuk kontraksi uterus, memfasilitasi kelahiran bayi menjadi lebih mudah. Walaupun begitu, biji ini sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah besar karena dapat menyebabkan kontraksi prematur dan bahkan keguguran selama kehamilan. Konsultasikan dengan dokter setiap Anda ingin mengkonsumsi biji fenugreek.

7. Mengurangi rasa panas dan asam refluks
Jika Anda secara teratur mengeluh mulas, biji fenugreek siap membantu mengatasi masalah tersebut. Mengkonsumsi biji fenugreek setiap hari, baik dengan makanan atau mencuci mereka dengan air. Hal ini akan membantu mengurangi keasaman dengan meningkatkan lapisan lendir pelindung lambung dan usus.

8. Meningkatkan produksi asi
Penelitian menunjukkan bahwa fenugreek meningkatkan produksi susu pada wanita menyusui. Minyak dalam biji fenugreek diyakini memainkan peran penting. Dengan demikian, mengkonsumsi setidaknya 500 mg biji fenugreek untuk meningkatkan produksi asi.

9. Mempercantik kulit
Fenugreek atau klabet dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit dan jiga mencegah perkembangan jerawat, komedo, dan keriput. Rebus biji fenugreek dalam air dan basuh wajah Anda dengan air rebusan tersebut untuk mendapatkan sinar wajah cantik alami. Fenugreek juga dapat dibuat pasta yang dapat diaplikasikan di wajah dan sebagai lotion alami kulit Anda.

Demikian artikel kesehatan tentang fenugreek dan kandungan serta manfaat fenugreek yang luar biasa.

One Response

  1. wsc biolo Juli 27, 2015

Add Comment