Anti-Inflamasi: 4 Makanan Ini Ampuh Mengatasi Peradangan

Apa itu radang? Peradangan atau inflamasi adalah upaya tubuh dalam perlindungan diri, tujuannya adalah untuk menghilangkan rangsangan berbahaya, termasuk sel-sel yang rusak, iritasi, atau patogen dan memulai proses penyembuhan.

Jangan pernah menganggap remeh masalah peradangan atau inflamasi. Inflamasi dapat memicu masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, demensia, stroke, hingga kanker. Lebih parahnya lagi kebanyakan orang seringkali tidak mampu mendeteksi masalah peradangan yang maka tak jarang dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius tersebut.

buah ceri

Mencegah penyakit sejak dini merupakan awal yang baik dan sangat penting. Telebih mencegah peradangan dengan cara yang sehat dan alami. Seperti dengan cara mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang didalamnya terdapat khasiat mencegah peradangan. Berikut adalah 4 jenis makanan anti infalamasi yang baik dikonsumsi untuk mencegah peradangan.

1. Buah ceri

Tim peneliti dari Oregon health & Science University melakukan study terhadap buah khas jepang ini dan hasilnya buah ceri memiliki sifat anti-inflamasi yang paling tinggi di antara makanan lainnya. Kandungan buah ceri yang bernama phenolic dan anthocyanins mampu menurunkan tingkat peradangan dan mencegah terjadinya radang.

2. Bawang merah

Bumbu dapur yang satu ini mengandung antioksidan phytonutrien yang bekerja mencegah terjadinya peradangan. Bawang merah juga mengandung quercetin dan anthocyanins untuk mencegah oksidasi asam lemak yang merupakan salah satu penyebab peradangan.

3. Kunir atau kunyit

Jurnal Oncogene yang dirilis pada tahun 2004 tentang penelitian terhdapap kunyit mengungkap bahwa curcumin yang terkandung pada kunyit sangat efektif untuk mencegah peradangan. Kurkumin pada kunyit juga dapat mencegah peradangan yang berkaitan dengan munculnya sel tumor dan kanker.

4. Jahe

Selain menghangatkan tubuh, jahe memang sangat kaya akan khasiat untuk kesehatan termasuk dalam mencegah terjadinya peradangan. Jahe selama ini dikenal dapat mengobati nyeri. Selain itu jahe juga bisa digunakan untuk mencegah peradangan. Minum wedang jahe memang sangat bagus untuk kesehatan.

Hidup sehat dan peduli terhadap diri sendiri harus kita biasakan. Mencegah penyakit lebih baik dari pada pergi ke dokter. Itulah beberapa jenis makanan yang bekerja sebagai anti-inflamasi, mencegah terjadinya peradangan.

One Response

  1. Brofitzjp September 19, 2015

Add Comment