7 Tips Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Lari

Olahraga lari merupakan olahraga yang dapat dilakukan siapa saja dan di manapun. Olahraga yang murah meriah ini menjadi favorit banyak orang dan biasanya dilakukan di pagi hari. Olahraga lari mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Olahraga lari menjadikan anggota tubuh Anda menjadi sehat. Apalagi orang yang biasa bekerja tidak banyak gerak, hanya duduk atau pekerja kantoran. Dengan lari pagi setidaknya tiga kali dalam seminggu, sudah cukup membuat tubuh Anda selalu bugar dan sehat.

Selain itu olahraga lari dikenal mampu menurunkan berat badan dengan pembakaran kalori yang sehat. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal diperlukan beberapa cara dan tips. Berikut adalah tips menurunkan berat badan dengan olahraga lari.

lari pagi

1. Pola Makan Sehat

Olahraga harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat terutama dalam mengkonsumsi makanan. Buah, sayuran segar, biji-bijian, karbohidrat, dan protein nabati, merupakan asupan yang sangat dibutuhkan tubuh. Terlebih ketika Anda tidak mengkonsumsi daging dan protein hewani.

2. Gunakan Sepatu yang Tepat

Dalam memilih sepatu tidaklah harus sepatu yang mahal. Pilihlah sepatu yang nyaman di kaki Anda. Namun jika ada dana yang cukup menggunakan sepatu lari juga lebih baik.

3. Pasang Target

Tentukan jadwal lari untuk Anda misalnya dalam seminggu Anda lari di hari minggu, rabu dan jum’at. Pada minggu pertama, anda berlari 20 menit dengan jarak 2 km. Lalu pada minggu-minggu selanjutnya tingkatkan target Anda. Pada minggu ke lima misalnya Anda berlari dengan meningkatkan durasi hingga 60 menit. Dengan cara ini perut Anda menjadi lebih langsing dan berat badan Anda juga berkurang.

4. Disiplin

Tips nomor 4 ini sangat sulit untuk dilakukan. Anda harus berusaha untuk konsisten dengan target yang sudah ditentukan. Suatu saat Anda sedang malas makan jadwal yang sudah ditargetkan akan menjadi berantakan.

5. Tambahkan Jarak Berlari

Setelah Anda memenuhi dapat melakukan jadwal lari yang sudah ditentukan, sebaiknya Anda harus meningkatkan zona Anda berlari. Tingkatkan yang awalnya hanya 2 km menjadi 4 km dan seterusnya. Dengan begitu pembakaran kalori dalam tubuh setiap minggunya meningkat dan tujuan utama menurunkan berat badan mudah dicapai.

6. Pindah tempat

Lokasi biasa yang menjadi zona lari Anda ada kalanya menjadikan Anda bosan. Cobalah untuk pindah ke medan lari lain seperti misalnya di area yang lebih menantang seperti berlari ke jalan yang berliku atau berbatu.

7. Lari itu Menyenangkan

jadikan kegiatan olahraga lari menjadi sesuatu yang menyenangkan. Jangan menjadikan Anda stres menghadapai latihan ini. Cobalah lari dengan sambil mendengarkan mp3 yang dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Sumber: wolipop.detik

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.