7 Manfaat Gandum Bagi Kesehatan

Manfaat gandum – Biji-bijian merupakan menjadi bahan dasar untuk kehidupan karena biji-bijian seperti padi, jagung dan gandum merupakan menjadi makanan pokok bagi manusia sejak zaman dahulu. Namun seriring perkembangan zaman, biji-bijian kini diolah menjadi aneka makanan.

Mungkin gandum bukan menjadi menjadi makanan pokok bagi masyrakat negara kita. Namun konsumsi gandum bisa menjadi alternatif yang baik ketika kamu bosan makan nasi. Apalagi gandum sangat bagus dalam mengurangi lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh. Berikut adalah 10 manfaat gandum bagi kesehatan.

Manfaat gandum

manfaat-gandum

1. Kaya vitamin, mineral dan anti-oksidan

Sebagai biji-bijian manfaat gandum sangat banyak karena dikemas dengan kandungan vitamin, mineral, anti-oksidan dan fitokimia penting. Konsumsi gandum membantu Anda memenuhi kebutuhan dari tubuh Anda akan Vitamin B, E, magnesium, zat besi, lemak esensial dan serat. Kosnsumsi gandum secara cukup diperkirakan dapat memnuhi 25% dari total gizi yang dibutuhkan tubuh.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular

Salah satu penyebab utama penyakit jantung adalah kandungan kolesterol dalam tubuh yang tinggi. Gandum melawan kolesterol tinggi karena mereka mengurangi tingkat insulin dan kolesterol jahat (LDL) dalam aliran darah. Hal ini mengurangi kemungkinan terkenan penyumbatan arteri, stroke atau serangan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi gandum memiliki resiko yang lebih rendah terhadap masalah jantung terkait prosedur operasi.

3. Mencegah obesitas

Konsumsi biji-bijian sangat disarankan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Kebaikan manfaat gandum memberikan rasa kenyang di perut tanpa benar-benar memberikan harus khawatir kelebihan asupan kalori. Penelitian telah mencatat bahwa konsumsi biji-bijian dalam diet memiliki dampak langsung pada keseimbangan indeks massa tubuh. Alasan inilah yang membuat biji-bijian termasuk gandum atau makanan yang berbahan gandum murni.

4. Baik bagi pencernaan

Karena biji-bijian merupakan sumber penting dari serat, mereka sangat penting dalam membantu pencernaan dalam tubuh. Serat yang berasal dari biji-bijian mencegah sembelit dan menjaga saluran pencernaan yang sehat dan bebas infeksi. Serat juga memiliki kualitas untuk mengurangi penyakit divertikular yang disebabkan oleh peradangan pada usus besar.

5. Manfaat gandum untuk ibu hamil

Konsumsi biji-bijian dibutuhkan oleh ibu yang ingin hamil karena merupakan sumber yang kaya folat atau asam folat. Kadar folat yang memadai penting bagi perempuan yang ingin hamil karena membantu tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Hal ini akan mengurangi banyak risiko yang mungkin dihadapi selama perkembangan janin saat masa kehamilan.

6. Mengurangi risiko kanker

Banyak penelitian yang mencoba untuk membuktikan dampak langsung dari mengkonsumsi gandum dalam mencegah kanker. Statistik mengatakan bahwa gandum dapat mencegah prevalensi kanker yang berkaitan dengan hormon dan sistem pencernaan dalam sebagian besar.

7. Meningkatkan kekuatan tulang

Manfaat gandum yang terakhir adalah untuk tulang terutama dalam hal kekuatan tulang. Gandum sangat banyak kandungan magnesium dan selenium di dalamnya. Salah satu fungsi penting dari magnesium dalam tubuh adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini juga membantu dalam melepaskan energi dari otot. Selenium yang hadir pada gandum membantu dalam menjaga imunitas keseluruhan

Bagi kamu pencinta gandum berbahagialah, karena khasiat gandum sangat banyak seperti yang sudah terpapar di atas. Demikian artikel kesehatan 7 manfaat gandum bagi kesehatan yang dihimpun dari beberapa sumber terpercaya.

Add Comment