6 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat kunyit – Orang jawa menyebutnya kunir, kunyit merupakan rempah-rempah yang banyak dimanfaatkan untuk memberi warna kuning alami pada makanan. Kunyit merupakan pewarna alami yang baik karena tanpa memiliki zat berbahaya bagi tubuh. Bahkan kunyit dikenal mempunyai khasiat yang bagus untuk kesehatan. Kunyit dapat mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit. Seperti jamu kunir asam (kunyit asam) mempunyai manfaat yang bagus. Berikut adalah 6 manfaat kunyit untuk kesehatan.

Manfaat kunyit

manfaat kunyit

1. Mengobati sakit perut

Manfaat kunyit yang pertama adalah sebagai obat tradisional sakit perut dan rasa mulas. Keampuhan dan kemampuan kunyit dalam meredakan sakit perut telah dibuktikan dengan penelitian pada tahun 1989, suplemen yang berasal dari kunyit ternyata lebih efektif untuk mengatasi perut mulas dan gejala gangguan pencernaan dibandingkan pemberian plasebo.

2. Mencegah penyakit jantung

Kunyit mengandung kurkumin yang merupakan zat dibalik khasiat dan keampuhan kunyit dalam dunia kesehatan. Kurkimun merupakan antioksidan dan anti-inflamasi yang juga mencegah terjadinya serangan jantung.

3. Mencegah diabetes

Sebuah studi untuk mempelajari kurkumin juga dilakukan di tahun 2012. Pasien pradiabetes yang meminum kapsul kurkumin dinyatakan dapat menunda menjadi penyakit diabetes tipe 2. Lebih dari sembilan bulan, peserta penelitian diberikan suplemen kurkumin atau kapsul plasebo. Hasilnya, hanya lebih dari 16 persen dari orang yang mengosumsi pil plasebo didiagnosis dengan diabetes tipe 2. jadi sangat konsumsi sangat bagus untuk mencegah diabetes.

4. Melawan kanker

Manfaat kunyit dalam melawan kanker sudah sangat terbukti dan sering kita dengar. Kurkumin dalam kanker merupakan antioksidan yang ampuh dalam melawan kanker. Zat kurkumin mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker. Menurut American Cancer Society, kurkumin bahkan mampu membunuh sel-sel kanker, mengecilkan tumor, serta meningkatkan efek kemoterapi pada hewan. Namun, penelitian pada manusia masih tahap awal.

5. Baik untuk otak

Zat bernama ar-turmeron atau turmeron aromatik juga ditemukan pada kunyit. Zat ini dapat membantu perbaikan sel-sel batang di otak. Zat ini memnamtu penyembuhan penyakit alzheimer. TAr-turmeron pada kunyit sedang diteliti lebih lanjut karena berpotensi menjadi obat untuk penyakit yang menyerang otak itu. Konsumsi kunyit membantu meningkatkan daya ingat, penelitian terbaru pada pasien alzheimer pun memperoleh hasil yang sama.

6. Mengurangi nyeri sendi

Manfaat kunyit juga untuk mengatasi nyeri sendi. Penderita osteoarthritis lutut juga disarankan untuk mencoba konsumsi kunyit. Beberapa pasien yang mengalami patah tulang karena kecelakaan sering disuruh meminum perasan parutan kunyit pada beberapa pengobatan alternatif.

Cara mengkonsumsi kunyit ialah dengan cara memarut kunyit lalu diperas dengan sedikit air. Hasil perasan kunyit tersebut dapat ditambah madu agar rasanya tidak menyengat tenggorokan saat diminum. Sekarang juga sudah banyak tersedia di apotik-apotik pil dan kapsul ekstrak kunyit. Namun sebaiknya Anda harus tetap berkonsultasi kepada ahli dan dokter terlebih dahulu. Demikian artikel kesehatan tentang manfaat kunyit.

Add Comment