6 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Manfaat brokoli – Sayuran brokoli telah menjadi menu favorit oleh beberapa orang. Brokoli dapat diolah menjadi aneka menu dan dapat dioalh melalui beberapa cara seperti ditumis, dikukus, direbus atau bahkan disajikan dalam keadaan segar. Bagi kamu penggemas brokoli berbahagialah, karena brokoli memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Manfaat brokoli

menu brokoli

Brokoli memiliki bentuk yang mirip dengan kembang kol, yang membedakan adalah pada bagian warna. Jika kembang kol berwarna putih, sedangkan brokoli warnanya adalah hijau. Mengkonsumi brokoli sangat baik untuk kesehatan karena brokoli mempunyai berbagai manfaat. Berikut adalah 6 manfaat brokoli untuk kesehatan:

1. Mencegah penyakit tulang belakang

Adalah penyakit tulang bernama spina bifida atau meningocele yang merupakan kelainan tulang belakang bawaan. Studi ilmiah menunukkan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi brokoli secara teratur cenderung melahirkan bayi sehat yang bebas dari risiko spina bifida dan kanker.

2. Melawan kanker dan tumor

Secara alami brokoli mengandung biokimia yang dapat melawan karsinogen penyebab kanker. Brokoli mencegah penyakit berbahaya yaitu kanker dan baik dikonsumsi untuk yang sudah menderitu penyakit tersebut. Sebagai antikanker manfaat brokoli cukup menkjubkan karena dapat mencegah kanker payudara, masalah pada ginjal, kandung kemih, pankreas dan juga mencegah kanker tiroid.

3. Baik untuk tulang, gigi, dan otot

Asupan brokoli secara rutin sangat baik untuk kesehatan tulang, gigi dan otot. Manfaat brokoli juga untuk membantu mengurangi resiko terkena masalah pada tulang seperti osteoporosis.

4. Baik untuk mata

Selain untuk tulang, gigi dan otot, brokoli juga sangat kaya manfaat untuk mata. Brokoli banyak mengandung vitamin A dan karotenoid yang terdiri dari lutein dan zeaxanthin, merupakan antioksidan untuk menjaga penglihatan manusia.

5. Menu sehat untuk tubuh

Manfaat brokoli sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Vitamin C pada brokoli mencegah terserang flu dan kedinginan. Zat besi yang kaya folat pada brokoli mengurangi perkembangan anemia menjadi lebih parah. Brokoli juga mengandung kalsium, beta karoten, zink, dan selenium. Brokoli juga sangat baik untuk penderita diabetes yang sangat membutuhkan insulin.

6. Menurunkan berat badan

Brokoli mengandung banyak serat yang sangat dibutuhkan bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan dan mengecilkan perut. Brokoli membantu kebutuhan tubuh Anda akan serat makanan. Sarapan pagi dengan menu brokoli membantu Anda tetap kenyang dan tidak mudah lapar.

Jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi brokoli. Pilih menu brokoli kesukaan Anda dan pastikan Anda mengolahnya dengan cara yang tepat agak secara maksimal manfaat brokoli dapat diperoleh.

Add Comment