5 Obat Batuk Berdahak Tradisional Paling Ampuh

Obat batuk berdahak tradisional – Jangan biarkan batuk mengganggu aktivitas kamu. Batuk merupakan penyakit yang sering derita oleh banyak orang. Batuk ada beberapa jenis seperti batuk berdahak, batuk kering dan batuk yang disertai flue. Terkadang batuk juga disertai dengan gejala lain seperti sariawan, radang tenggorokan, kepala pusing, demam dan beberapa gejala lain. Apapun jenis batuknya harus segera disembuhkan.

Batuk berdahak merupakan jenis batuk yang sangat mengganggu. Kamu dapat menyembuhkan batuk berdahak secara tradisional dengan bantuan ramuan herbal. Berikut adalah 5 obat batuk berdahak tradisional yang bisa kamu coba di rumah.

Obat batuk berdahak tradisional

obat batuk berdahak tradisional

1. Wedang Jahe

Wedang jahe tidak hanya nikmat dan menghangatkan, namun irisan jahe yang dibuat minuman hangat cukup efektif dalam membantu mengobati batuk berdahak. Teh jahe dikenal sebagai obat batuk berdahak tradisional oleh masyarakat Asia sejak lama. Disarankan untum minum wedang jahe sehari dua kali.

2. Belimbing Wuluh

Buah ini memiliki ukuran kecil yang bentuknya seperti belimbing, namun warnanya hijau dan mempunyai rasa masam. Buah belimbing wuluh merupakan obat batuk berdahak tradisional untuk anak-anak hingg dewasa. Caranya campurkan belimbing wuluh dengan beberapa butir adas, sedikit gula dan air satu cangkir. Lalu rebus campuran-campuran tersebut hingga mendidih dan airnya tinggal sedikit. Setelah mulai dingin saring dan minum.

3. Jeruk Nipis

Bukan rahasia lagi buah jeruk nipis merupakan obat batuk berdahak herbal yang dapat menyembuhkan batuk dengan cepat. Cara mengobati batuk dengan jeruk nipis adalah dengan mencampurkan perasan air jeruk nipis dengan madu dan air hangat. Perbandingan antara perasan jeruk nipis, madu dan air adalah 1:3:5. Adapun cara yang lebih mudah yaitu dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan kecap. Metode ini juga cukup efektif untuk mengatasi batuk berdahak pada anak jika dikonsumsi dua kali sehari dengan takaran satu sendok teh.

4. Kunyit

Obat batuk berdahak tradisional selanjutnya adalah dengan kunyit, rimpang yang sudah sangat tidak asing bagi orang Indonesia. Membuat obat herbal untuk batuk sengan kunyitadalah dengan menumbuk kunyit yang telah dibersihkan, lalu campurkan dengan madu ke dalam segelas susu. Minum ramuan kunyit cukup efektif dalam mengatasi batuk berdahak secara alami.

5. Daun Kemangi

Obat batuk berdahak tradisional dalam daftar yang terakhir adalah dengan bantuan daun kemangi. Tumbuhan dengan bau yang khas ini membantu melegakan tenggorokan yang disebabkan oleh dahak. Cara membuat ramuan daun kemangi untuk batuk berdahak cukup mudah. Ambil 2-3 daun kemangi rebus dengan 1-2 gelas air putih. Minum ramuan tersebut selagi hangat agar tenggorokan terasa lebih lega dan batuk berdahak akan lekas sembuh.

Saat sedang sakit batuk berdahak hindari minuman dingin, jangan mengkonsumsi gorengan dan selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Lebih baik minum air putih hangat atau setidaknya gunakan untuk berkumur. Demikian beberapa ramuan obat batuk berdahak tradisional yang bisa kamu coba di rumah.

Add Comment